Hotspur Tekuk MU 2-1

LONDON - Menghadapi United yang dominan, Spurs bermain dengan serangan balik cepat nan efektif. David Moyes pun dipaksa menelan kekalahan keempatnya di Old Trafford musim ini.

Sejarah kemenangan dan penguasaan bola memang jadi milik Manchester United (MU). Tetapi Old Trafford jadi milik Tottenham Hotspur, Kamis (2/1) dinihari WIB. Dalam laga ini, United berbekal rekor tak terkalahkan dalam 28 dari total 29 pertemuannya dengan Tottenham Hotspurs. Catatan musim ini pun menunjukkan United unggul di atas kertas.
Gol tunggal Emmanuel Adebayor di paruh pertama jadi pembuka mimpi buruk United. Menghadapi United yang dominan, Spurs bermain dengan serangan balik cepat nan efektif. Dua gol pun mereka catatkan, satu lewat kepala Adebayor dan satunya lagi tandukan Christian Eriksen.
Danny Welbeck mampu memperkecil jarak dan menghidupkan Old Trafford berkat gol tunggalnya. Tetapi papan skor tak berkutik, tetap menunjukkan skor 2-1 hingga laga bubar. David Moyes pun dipaksa menelan kekalahan keempatnya di Old Trafford musim ini.
Dominasi United sudah terlihat sejak awal. Mereka langsung menguasai bola dan berinisiatif untuk menyerang. Menit 6, pergerakan Danny Welbeck yang lincah langsung mengancam lini belakang Spurs, memanfaatkan umpan panjang Antonio Valencia. Untung saja Hugo Lloris dan Dawson bergerak cepat mengantisipasinya.
Terus ditekan, Spurs akhirnya melakukan ancaman. Umpan cantik digulirkan oleh Roberto Soldado, melewati sela kaki Evans dan mengarah tepat ke jalur lari Aaron Lennon. Pemain sayap ini pun langsung melepas tembakan, yang masih mampu ditangkis oleh kedua kaki De Gea.
Valencia terus mengeksploitasi sisi kanan lapangan. Sedang Nemanja Vidic pun sempat memberikan ancaman lewat tandukannya, tapi masih belum terjadi gol. Secara mengejutkan, gol pembuka malah dicatatkan oleh tim tamu.
Sekitar sepulum menit jelang jeda, Spurs melakukan serangan balik. Bola pun berhenti di kaki Christian Eriksen yang langsung memainkannya di sisi kanan. Dengan sedikit sentuhan, eks playmaker Ajax ini mengirim umpan silang ke kotak penalti dan Emmanuel Adebayor langsung menanduknya. Smalling kalah berduel di sini, sementara De Gea tak bisa berbuat banyak.
Tertinggal, United sedikit panik dan hampir saja serangan balik Spurs kembali menghasilkan gol. Beruntung, umpan silang Lennon yang matang kurang bisa dimanfaatkan Soldado dan bola melebar. Keunggulan satu gol pun bertahan hingga jeda.
United membuka laga dengan serangan. Michael Carrick memberikan umpan pada Welbeck dan penyerang Inggris itu melakukan tembakan voli. Tapi, bola terlampau pelan dan Lloris mengamankannya dengan mudah.
Red Devils masih dominan, penguasaan bola jadi milik mereka dan terus menerus melakukan tekanan, terutama lewat sisi kanan yang dipegang oleh Antonio Valencia. Namun Spurs kembali menghentak Old Trafford dengan serangan balik efektif mereka.
Serangan balik yang cantik dimulai dari operan Soldado pada Lennon. Pemain sayap nan lincah ini langsung mengirimkan umpan silang mendatar. Tetapi bola berbelok setelah membentur Vidic. Beruntung, bola pantul mengarah ke jalur lari Eriksen. Gelandang Denmark ini langsung menanduk bola dan menaklukkan De Gea. Spurs unggul 2-0.
The Lilywhites di atas angin. Tetapi sepertinya mereka terlampau jumawa dan lengah. Semenit setelah gol kedua mereka, United melakukan serangan cepat dan mencetak gol pertama mereka di laga ini.
Umpan terobosan Adnan Januzaj disambut baik oleh Welbeck yang berlari dan mengirim sontekan ke jala Spurs. Skor 2-1 untuk Spurs.
Tak lama usai gol Welbeck, Adebayor mengalami cedera dan digantikan Nacer Chadli. Sementara itu, United terus meningkatkan intensitas serangan. Gol Welbeck memang jadi suntikan semangat bagi laskar Old Trafford beserta seluruh suporternya.
Januzaj berkali-kali melakukan tusukan dan mengancam lewat sepakannya. Di menit-menit akhir, Rooney pun melepas tembakan jarak jauh mendatar. Setiap ancaman mampu dimentahkan oleh Lloris dkk. Lennon juga hampir mengamankan kemenangan Spurs saat aksinya di kotak penalti merepotkan tuan rumah, tapi bola sepakannya mengarah tepat ke dada De Gea.
Laga berjalan dan berakhir dengan penguasaan bola oleh United, papan skor menunjukkan, Tottenham bermain lebih efektif di Old Trafford.
Susunan pemain
Man United: De Gea, Smalling, Evans, Vidic, Evra, Valencia, Carrick, Cleverley, Januzaj, Rooney, dan Welbeck. Ccadangan:  Lindegaard, Büttner, Ferdinand, Fletcher, Kagawa, Young, dan Hernandez
Tottenham: Lloris; Walker, Chiriches, Dawson, Rose, Lennon, Capoue, Dembele, Eriksen, Adebayor, dan Soldado. Cadangan: Friedel, Fryers, Naughton, Bentaleb, Chadli, Lamela, dan Kane. (ded)

« November 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30      
Go to top