Maksimalkan Hasil Pertanian dengan Teknologi

detakbanten.com TANGSEL - Meskipun lahan pertanian setiap tahunnya terus menyempit oleh pembangunan hunian dan bisnis. Namun, Pemkot Tangsel memaksimalkan pertanian dengan inovasi dan teknologi.

Hal ini diungkapkan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany saat pembukaan pekan daerah KTNA V Provinsi Banten di Lapangan Sunburst BSD, Serpong pada Senin (14/11/2016).

"Kita sudah bekerjasama dengan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan Teknologi (Puspiptek) untuk mengembangkan hasil pertanian. Salah satunya yang sudah kita kembangkan menghasilkan varietas bunga anggrek baru yang bisa tahan lebih lama," terangnya.

Sementara, untuk hasil pertanian yang lain Pemkot Tangsel membantu dalam pemasaran dan permodalan bagi gabungan Kelompok Petani (Gapoktan). Gapoktan ini menjadi binaan dinas terkait. Seperti, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UKM.

"Dengan inovasi dan teknologi tentunya hasil pertanian dapat dimaksimalkan. Meskipun lahan di Kota Tangsel sudah terbatas," tandasnya.

Sementara, Asda II Pemprov Banten Enang Nurcahyati mengatakan, pelaksanaan Peda KTNA bertujuan untuk mendorong kemajuan dan kesejahteraan masyarakat petani dan nelayan. Meningkatkan kemandirian dan kewirausahaan masyarakat tani dan nelayan.

"Kegiatan Pekan Daerah KTNA merupakan suatu forum pertemuan para kontak tani nelayan sebagai media konsolidasi, komunikasi dan informasi kontak tani (pelaku utama) dengan pemerintah serta stakeholder atau pelaku usaha," katanya.

"Pekan daerah KTNA itu wadah komunikasi, lomba, penyampaian terkait teknologi serta pertemuan dengan elemen petani dan nelayan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan," kata Surito Widarie.

Selain itu, kata Eneng, pekan daerah KTNA ini untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan petani-nelayan serta masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis.

"Jadikan pekan daerah ini untuk berbagi pengalaman dam informasi menuju pekan nasional (Penas) di Aceh tahun ini," ucapnya.

Go to top