Dindik Kabupaten Serang Siap laksanakan UN

detakserang.com - KABUPATEN SERANG, Pada senin depan siswa SMA dan SMK akan mengikuti Ujian Nasional (UN). Naskah soal UN SMA dan SMK di Kabupaten Serang akan didistribusikan pada Minggu (13/4).

Soal akan datang dari Dinas Pendidikan Provinsi Banten ke kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang pagi hari.

Karena dikhawatirkan jika soal ujian bocor. Oleh karna itu pemerintah mengirimnya minggu, agar langsung dikirim ke sekolah- sekolah.

"Sore harinya kita kirimkan ke rayon SMA dan SMK," kata Kepala Seksi Kurikulum Disdikbud Kabupaten Serang Dedi Rohendi Kamis (10/4).

UN SMA/ SMK tahun ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai Senin-Rabu, 14-16 April. Pesertanya sebanyak 10.141 orang terdiri atas SMA 5.261 orang dan SMK 4.880 orang.

Menurut Dedi, ada empat rayon SMA, yakni SMAN 1 Ciruas untuk wilayah Serang tengah, SMAN 1 Jawilan untuk wilayah Serang timur, SMAN 1 Petir untuk wilayah Serang selatan, dan SMAN 1 Kramatwatu untuk wilayah Serang barat.

Sedangkan untuk rayon SMA hanya satu, yakni di SMKN 1 Kragilan.

"Distribusi ke sekolah-sekolah itu dilakukan H-0, tiap hari," katanya.

Dan solan UN akan mendapatkan pengamanan ketat dari pihak kepolisian dan TNI, pasalnya soal UN ini dikhawatirkan bocor dan hilang, karna kita ketahun soal UN adalah Rahasia Negara dalam segel amplop UN.

Dedi juga menambahkan hal itu dilakukan hanya sampai di rayon Disdikbud Kabupaten Serang. Adapun di rayon sekolah tak diamankan oleh polisi.

Ini berdasarkan surat edaran dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) "Ada edaran dari BNSP nomor 0048/ SDAR/ BNSP/ IV/ 2014 tentang Perbaikan Prosedur Operasional Standar (POS) UN," katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Disdikbud Kabupaten Serang Dedi Arief Rohidi mengatakan, pendistribusian soal Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) Paket C dilakukan 13 April dari Disdikbud ke sub rayon, yakni UPTD Pendidikan Kramatwatu, Ciruas, Kragilan, Cikeusal, Baros, dan Anyar, serta tersebar di 32 unit pelaksanan ujian yang ada di Kabupaten serang.

"Soal ujian paket C dibuat oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten," ujarnya. Diketahui ujian paket C di Kabupaten Serang akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 14 sampai 16 April ini, pukul 13.30 WIB sampai 18.00 WIB . Jumlah pesertanya 1.729 orang.

Go to top