Bagaimana Ke depan, Google akan menjalankan bisnisnya

Bisnis google ke depan Bisnis google ke depan

detaktangsel.com -TEKNET,  Dunia Internet adalah dunia baru yang memainkan peranan sangat penting dan sudah mempengaruhi semua aspek kehidupan.

Bisnis di dunia Internet merupakan bisnis luar biasa besar dan terbukti telah mampu membuat banyak orang kreatif menjadi kaya raya seperti Google Inc., facebook dan lain-lainnya.

Di dalam Dunia Internet yang dinamis ini terus memberikan manfaat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat apabila dijaga tetap dalam suasana persaingan yang seimbang dan fair. Bila salahsatu pihak menjadi terlalu kuat, maka masyarakat akan merasakan dampaknya.

Berikut pandangan kedepan tentang bagaimana Google akan menjalankan bisnisnya

"10 things

  1. Focus on the user and all else will follow.
  2. It's best to do one thing really, really well.
  3. Fast is better than slow.
  4. Democracy on the web works.
  5. You don't need to be at your desk to need an answer.
  6. You can make money without doing evil.
  7. There's always more information out there.
  8. The need for information crosses all borders.
  9. You can be serious without a suit.
  10. Great just isn't good enough. " (sumber google.co.id/about/company/philosophy)

Dari semua Browser (program yang digunakan untuk mengakses internet) misalnya Chrome, IE, Firefox, Opera, hampir semuanya gratis.

Namun disini yang jadi persaingan adalah kualitas. Bila kita memakai barang karena kualitasnya, maka Chrome punya potensi kualitas yang bagus kedepan dan monopoli akan terjadi sendiri, Seperti terlihat sekarang Google Chrome versi sudah membuat OS mobile Android yang terbukti cara unik menarik user untuk memakai Chrome dan Android.

Kita ikut merasakan gratisan dari mereka, tapi persaingan terjadi di belakang, dengan layanan2 gratis berkualitas dari google, Hal ini secara tidak langsung membunuh layanan dari perusahaan lainnya. Sebagai user tentu tidak ada masalah karena kita diberi layanan gratis yang berkualitas, tapi ini akan membunuh persaingan.

Pandangan kedepan dari sisi user dan industri, Semua sistem terintegrasi milik Google bisa membuat kita "terpaksa" pindah dari layanan yang kita pakai sekarang, misalnya Chrome terintegrasi dengan Google Search, Android terintegrasi dengan Chrome, hasilnya integrasi Android, Chrome dan Google Search. Hal ini membuat kita memakai layanan2 google sedangkan disisi lain akan menutup persaingan.

Sesungguhnya google telah menguasai usernya yang menggunakan kualitas. Contoh Google Search, Apapun yang akan anda cari pasti menggunakan layanan Google Search. Browser Chrome dari google membuat usernya tergantung dengan semua fasilitas terintegrasi (Google Search, Gmail, dan lain-lainnya), sehingga usernya tidak mau pindah ke layanan lain.

Pendiri Google anak muda yang kreatif, Larry Page dan Sergey Brin yang didukung kurang lebih 15 ribu karyawan dan harus dibayar, Hal ini mustahil mereka tidak memikirkan bagaimana cara menggali profit. Salah satunya dengan merangkul user sebanyak mungkin.

Dengan membuat berbagai layanan terintegrasi satu dengan lainnya. Semakin luasnya layanan Google, semakin menutup persaingan (terutama start-up company), karena Google menyediakan layanan gratis dan berkualitas.

Namun ada yang membenci Google ? tidak..!!,

Dilihat dari gerakan-gerakannya sekarang apa yang akan dilakukan perusahaan tersebut. Google telah membuat search engine, OS (Android), browser, IM, Google Earth/Moon/Sky, Feed Reader, Blog, membeli YouTube dan sebagainya yang terintegrasi satu dengan lainnya.

Hanya menunggu waktu saja secara tidak langsung akan memaksa user menggunakan layanan tersebut karena layanan berkualitas, dan disisi lain, Google bisa dengan mudah mendepak pesaingnya, mengatur user sesuka mereka karena user tidak mempunya pilihan lain (layanan tidak sebaik Google).

Sebelum Google benar-benar menguasai internet, satu persatu kita dan lainnya telah mulai menggunakan Gmail dan akan ada waktunya nanti dimana semua layanan utama yang kita pakai (OS, Browser, Email, Blog, Feed Reader, dsb) adalah milik Google.

Perusahaan lain tidak bisa bernafas dengan bebas, dan pasti akan berlomba-lomba untuk berinovasi.

Keuntungan ada di user yang akan mendapatkan produk dengan berkualitas. Akhirnya kalau semua user sudah menggunakan browser yang canggih sesuai standar maka itu adalah surga. (oaa/dt)

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Go to top