MTB ROCKERS Sambil Gowes Kampanye Go Green

Komunitas Gowes MTB ROCKERS Pamulang, Tangsel Komunitas Gowes MTB ROCKERS Pamulang, Tangsel

detakbanten.com - Diawal tahun 2003 ada 5 orang pria sekawan yang selalu bertemu di Stasiun Kereta Api jurusan Sudimara - Tanah Abang. Mereka adalah Nunu Sumpono, Syarif Rodjali, Joko Abiyoso, Mahali dan Achmad Riyandi, lahirnya komunitas gowes 'mtb-ROCKERS'.

Ngumpul sambil ngobrol timbullah ide membentuk komunitas sepeda. Syarif saat itu bekerja di PT Tempo mendapat kesempatan untuk mempromosikan Produknya melalui olah raga bersepeda. Disepakatilah pada Bulan Mei 2003 mereka membentuk Komunitas sepeda persisnya pada tanggal 10 Mei 2003 yang dinamakan "MounTainBike ROmbongan Cowok KEReta Sudimara" biasa disingkat mtb - ROCKERS.

 Logo dari cdr"MTB-ROCKERS yang bisa juga suka diplesetkan menjadi lebih trendi lagi sebagai "ROmbongan Cowok KERen Sudimara," ujar Bambang Budi Santoso yang belakangan lebih familiar dipanggil Akung BBS, sang Sekretaris mtb-ROCKERS.

Nama tersebut tidak ada hubungannya dengan Musik Rock. Saat itu sepeda MTB bebas ikut naik kereta api kekantor, namun belakangan penggemar kereta api semakin membludak sepeda biasa dilarang untuk ikut naik kereta walau bayar sekalipun kecuali Sepeda Lipat alias SeLi diperbolehkan seperti yang digunakan Budhi Prasetyo anggota aktif dari mtb-ROCKERS yang rajin B2W alias Bike to Work (ngantor bersepeda).

Ada yang unik di Komunitas mtb-ROCKERS, sejak awal tidak ada Ketua, namun hanya ada Bendahara yakni Achmad Riyandi dan Kesekretariatan yang dikelola oleh Bambang Budi Santoso.

Setiap anggota atau peserta group mtb-ROCKERS dilarang menyinggung masalah SARA dan dilarang menggunakan media Milis email ataupun Facebook mtb-ROCKERS untuk promosi bisnis.

Dengan moto mtb-ROCKERS : "Rockers sejati tidak dilihat dari seberapa jauh dia meninggalkan temannya, tetapi seberapa dekat dia dengan temannya yang paling belakang" dan Semboyan mtb-ROCKERS : "PRAY, RIDE, EAT, SLEEP, . . . REPEAT !!!" membuat komunitas ini banyak diminati masyarakat dari berbagai kalangan.

Visi mtb-ROCKERS, Membudayakan aktivitas bersepeda sebagai sarana transportasi alternatif, baik di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja serta sebagai sarana olah raga yang menyenangkan, multi guna, dan ramah lingkungan.

Misinya untuk Membangun tali persaudaraan antar sesama dan mewujudkan komunitas pesepeda yang peduli dengan lingkungan.

Saat ini Sekretariat mtb-ROCKERS berada di Rumah Baca Al Rasyid, Perumahan Bukit Indah Blok D 17 No 1 Sarua Ciputat, Telp 021 741 81 21 HP : 0897.9751227.

Sejalan dengan perkembangannya mtb-ROCKERS dari tahun ketahun semakin berkembang dimana jumlah anggotanya saat ini lebih dari 100 anggota, namun karena komunitas kami yang sangat fleksibel siapa, saja boleh masuk dan keluar tanpa syarat (dikarenakan pindah kota, pindah Rumah dll) bebas sekali dan saat ini yang benar benar aktif sekali sekitar 60 anggota, biasalah patah tumbuh hilang berganti.

Sesekali gowes di tengah perkotaan juga seperti CFD di Sudirman dan tidak jarang pula kami gowes dari kota ke kota lainnya, seperti touring gowes dari Jakarta – Bandung – Joyakarta selama 4 hari serta masih banyak perjalanan2 kekota kota lainnya.

Anggota mtb-ROCKERS semakin hari semakin eksis dikarenakan kesamaan motivasi untuk kebersamaan dan kesetaraan dalam menjaga lingkungan bersih "Go Green" dimana sebahagian anggota juga ada yang Ngantor gowes langsung dari rumah biasa disebut B2W alias "Bike To Work" dengan alasan dan motivasi yang sama, selain perjalanan lebih cepat juga ikut mengurangi pemakaian BBM Subsidi, disamping itu badanpun jadi sehat dan segar sesampai dikantor.

Komunitas mtb-ROCKERS bersepeda pada setiap hari Sabtu pagi kumpul di Gerbang Perumahan Wira Makmur dan jam 07.00 pagi sudah harus berangkat gowes yang pada umumnya blusukan ke kampung2 seputar Pamulang dan sekitarnya. Tujuan goweser pada umumnya adalah Mpok Kafe di JPG alias Jalur Pipa Gas, saat di Mpok Kafe sebahagian ada yang masuk ke TREX JPG, ada trex Wisata dan ada juga trex yang extreem, dimana pernah salah seorang dari kami mendapat kecelakaan yang cukup berat di trex extreem.

"Kalau kecelakaan ringan sih cukup banyaklah, namun hal demikian merupakan tantangan tersendiri dengan bukti tiada satupun dari kami yang merasa jera karena kami ulang dan ulang lagi. Demikian pula atas kesepakatan secara adhoc sebahagian dari kami juga Gowes di hari Minggu untuk meramaikan CFD (Car Free Day) di Sudirman – Thamrin."ungkap Bambang.

Dari tahun ke tahun mtb-ROCKERS semula kumpul di Pos Keamanan Kantor Kecamatan Ciputat, tempat ini sangat strategis bisa dilihat oleh banyak orang yang lalu lalang sehingga tertarik menjadi anggota.

Namun setahun terakhir dikarenakan kantor Kecamatan dipindah dan lahannya sedang dibangun kami pindah sementara. Jika kantor Walikota sudah selesai dibangun kami akan minta izin Ibu Walikota untuk diberi tempat untuk kumpul disetiap hari Sabtu dari jam 06.30 s/d jam 07.30. Hal ini akan juga membantu perkembangan bagi masyarakat untuk bersepeda mengurangi polusi kendaraan.

Lanjut Bambang, untuk menjadi anggota mtb-ROCKERS, komunitas kami tidak memberikan persyaratan apapun, cukup datang ke Posko sementara kami yang saat ini berlokasi di Gerbang Perumahan Wira Makmur (pinggir jalan Raya) - Ciputat. Tentu datang ke Poskonya dengan membawa sepeda tidak dengan "bawa alesan" sebab di mtb-ROCKERS penuh dengan canda ria, kalau bercanda marah, ada ejekannya "kalo marah hayooo sepeda hilang lhoooh" hee hee....

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Go to top