Edukasi Wisata Perkebunan Belimbing Dewa

Edukasi Wisata Perkebunan Belimbing Dewa Edukasi Wisata Perkebunan Belimbing Dewa

detaktangsel.com - DEPOK, Mengenal buah-buahan lebih dekat tentunya menjadi satu hal menarik bagi para pengunjung. Hal ini yang ditawarkan Agrowisata Belimbing Dewa Kota Depok. Selain berwisata, pengunjung juga mendapatkan pengalaman edukasi.

Edukasi Wisata Perkebunan Belimbing Dewa1Agrowisata Belimbing Dewa yang berada di wilayah kali licin, Pancoranmas, Depok, Jabar. Obyek Wisata ini selalu dipenuhi pengunjung.
Sebagian besar pengunjung datang dari beberapa sekolah yang berada di Kota Depok. Seperti menjadi agenda wajib sekolah mengenalkan para siswa buah yang menjadi ikon kota Depok.

Berdasarkan pemantauan detaktansel.com, Kamis (20/2), para murid SDN Rangkapan Jaya, Pancoranmas, antusias mendengarkan edukasi yang diberikan Ketua Telompok Tani Agrowisata Belimbing Dewa Nanang Yusuf. Para murid mendapatkan pelatihan langsung dalam proses penanaman, perawatan hingga memilih belilimbing yang siap panen dan pengemasan untuk dipasarkan.

Para siswa mengaku senang bisa mengenal dan melihat lebih dekat buah belimbing langsung dari perkebunan. Pasalnya, mereka menjadi paham bagaimana berkebun dan mengenal alam lebih dekat.
Kepala SDN Rangkapan Jaya Sri Ambar Wahyuni merasa sangat senang dengan adanya Agrowisata Belimbing Dewa di kota Depok. Dengan begitu, para murid mendapatkan suasana belajar yang dekat dengan alam dan dapat berinteraksi langsung.

Karena, menurutnya, selama ini anak didiknya hanya mendapatkan pelajaran dari dalam kelas. Selain berfungsi sebagai tempat wisata edukasi yang terbuka untuk umum, Agrowisata Belimbing Dewa juga berfungsi sebagai tempat pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya (P4SSI Dewa)

Sementara itu, Nanang Yusuf menuturkan, luas area obyek wisata ini sekitar dua ribu meter persegi. Di mana terdapat 1745 pohon Belimbing Dewa.
"Satu pohon bisa mendatangkan penghasilan sekitar Rp6 juta," katanya.

Nanang Yusuf menyebutkan, pendistribusian hasil panen tidak hanya ke pasar lokal. Bahkan, ke luar daerah.
Ia menyebutkan, kebun ini terbuka untuk umum. Para pengunjung juga bisa mencicipi rasa manis Belimbing Dewa langsung memetik dari pohonnya.

"Pengunjung dibebaskan memetik dan memakan buah Belimbing Dewa," pungkasnya. (ham)

Go to top