Uji KIR Asal-Asalan, Banyak Kecelakaan Lalu Lintas.

detakserang.com - BANTEN, Banyak oknum petugas melakukan asal-asalan saat menguji kelayakan kendaraan atau KIR. Tidak heran bila angkan kecelakaan pun meninggi.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Banten Opar Suhari ketika dikonfimasi, Selasa (22/4), mengaku tidka tertutup kemungkinan hal itu terjadi. Karena kebanyakan kecelakaan kendaraan umum akibat kendaraan umum dikarenakan human error. Selain itu, pihak perusahan operasional (PO) kendaraan umum tidak memperhatikan kelayakan jalan kendaraan.

Secara tidak langsung, penyumbang kecelakan kendaraan umum seperti bis karena kurang teliti saat uji kelayakan kendaraan atau KIR

"Saat uji kendaraan diduga banyak oknum petugas yang asal-asalan saat menguji. Untuk itu, kita akan perketat dalam uji kelayakan kendaraan di tingkat Kabupaten-Kota ke depan," ungkap Opar Suhari.

Uji kendaraan, tambahnya, harus diperketat lagi. Dengan demikian, jangan sampai asal lulus. Apakah rem kendaraan benar berfungsi atau lampu sent nyala.

"Jangan asal lulus-lulus saja. Semua alat kendaraan harus dilihat berfungsi atau tidak," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengemudi kendaraan seperti bis yang sering mengalami kecelakaan juga jangan ugal-ugalan saat mengemudi. Kejadian kecelakaan bus di tol, beberapa waktu lalu, misalnya. adalah murni human error dari pengemudi.

Dinas Perhubungan Provinsi Banten, tandanya, juga sudah memanggil Perusahan Operasional bis (PO). Bahkan, pihaknya sudah melakukan mediasi. Bila kembali melanggar, pihaknya akan melakukan pembekuaan PO. Bila masih melanggar, pihaknya akan mencabut izin trayek.

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
Go to top