Horeee....Pekan Depan Dana Desa di Lebak Cair

detakbanten.com LEBAK-Pemkab Lebak pekan depan akan realisasikan pencairan dana desa sebesar 60 persen dari total keseluruhan anggaran yang didapat masing-masing desa di tahun 2017 ini.

Sekretaris Pemerhati Pembangunan Desa (P2D) Kabupaten Lebak M. Mubin mengatakan, dana desa sangat berguna bagi kemajuan Desa dan masyarakatnya jika dilaksanakan secara transparan.

"Dari dana desa kemajuan sebuah desa beserta masyarakatnya akan sangat terasa manfaatnya apabila pemerintah desa beserta elemen pelaksana kegiatan melaksanakan pembangunan secara transparan," kata Mubin.

Menurutnya, Kepala Desa hanyalah sebagai pengawas program atau kegiatan pembangunan, karena sebelumnya telah dibentuk organisasi tingkat Desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yakni Tim Pelaksana Kegiatan (TPK).

"Kades wajib untuk mengawasi jalannya pembangunan yang dilaksanakan oleh TPK, tidak boleh intervensi apalagi harus mengelola anggaran (pembangunan) fisik," tambah Mubin.

Kata Mubin, dana desa anggaran 2017 ini bisa lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Soalnya pemerintah sangat berharap kalau dana desa ini bisa diperuntukkan sebagaimana mestinya.

"Mudah-mudahan semua yang terlibat dalam pembangunan desa melalui anggaran DD ini bisa bekerja sesuai tupoksinya, sehingga tujuan pemerintah dalam menyalurkan DD ini bisa terasa manfaatnya bagi masyarakat pada umumnya," tandasnya. ⁠⁠⁠⁠

Go to top